TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
close menu

Masuk


Tutup x

Simulasi Banjir Kab. Nagan Raya, BPBA Laksanakan Rapat Persiapan Workshop dan FGD di Grand Nagan Hotel

Penulis: | Editor: Fazaraul Farahiyyah

Sukamakmue, CYBERJATIM.ID, – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) persiapkan pelaksanaan simulasi pengurangan risiko bencana banjir Kabupaten Nagan Raya tahun 2023, bertempat di Grand Nagan Hotel, Sabtu (18/3/2023).

Rapat persiapan yang dirangkai dengan workshop dan FGD simulasi pengurangan risiko bencana banjir Kabupaten Nagan Raya, dibuka oleh Sekda Nagan Raya, diwakili oleh Kepala Pelaksana BPBD Kab. Nagan Raya, Irfandi Rinadi, S.STP.

Dok: gambar istimewa.

Rapat yang berlangsung selama tiga hari tersebut, selain dihadiri oleh panitia dan narasumber dari BPBA serta BPBD Nagan Raya juga 25 peserta perwakilan SKPK, Instansi Vertikal, Muspika dan Geuchik.

Sub Koordinator Pencegahan, Yudhie Satria, SST, MPSSP, selaku perwakilan dari BPBA dan ketua panitia pelaksana kegiatan, menyampaikan rapat yang dilakukan hari ini selama tiga hari merupakan rangkaian kegiatan sebelum pelaksanaan kegiatan simulasi banjir Kabupaten Nagan Raya yang akan dipusatkan di Gampong Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

BACA JUGA :  Monitoring Pelaksanaan Sub PIN, Cegah Penularan Penyakit Cacat Pollio

Rapat persiapan, workshop dan FGD simulasi pengurangan risiko bencana banjir yang dilaksanakan tahun 2023, diikuti perwakilan SKPK dan Instansi Vertikal di Kab. Nagan Raya, antara lain BPBD Kab. Nagan Raya Polres Nagan Raya, Kodim Nagan Raya, dinsos, dinkes, dinas pupr, satpol pp dan wh, bappeda, DLH, Sat Brimob, RAPI, FPRB, BMKG Cut Nyak Dien dan Muspika serta Geuchik, terang Yudhie

“Simulasi Banjir Kabupaten Nagan Raya, direncanakan akan dilaksanakan setelah lebaran atau sekitar Mei 2023 yang akan dipusatkan di lapangan bola kaki Gampong Lamie Kecamatan Darul Makmur,” lanjut Yudhie

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nagan Raya, Irfanda Rinadi, S.STP, saat sambutan pembukaan, menjelaskan karakteristik bencana di Kabupaten Nagan Raya dan mengharapkan peran aktif perwakilan SKPK, Muspika sampai aparatur Gampong untuk berperan aktif mensukseskan pelaksanaan simulasi banjir Kabupaten Nagan Raya yang dilaksanakan oleh BPBA.

BACA JUGA :  Diduga Korupsi Mantan Kepala Desa Renrua , Tokoh Masyarakat Kirim surat Cinta untuk pihak Berwajib. 

Lebih lanjut Kalak BPBD Kabupaten Nagan Raya, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Pemerintah Aceh melalui BPBA, sehingga Kabupaten Nagan Raya, menjadi tuan rumah pelaksanaan simulasi banjir dari BPBA tahun 2023.

Usai prosesi pembukaan, acara yang berlangsung tiga hari di Grand Nagan Hotel tersebut, dilanjutkan penyampaian materi dari para narasumber dalam rangka pembekalan peserta sebelum pelaksanaan simulasi banjir Kabupaten Nagan Raya.

Adapun narasumber selama kegiatan berlangsung, antara lain, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nagan Raya, Irfanda Rinadi, S.STP dengan materi karakteristik bencana di Kabupaten Nagan Raya, selanjutnya narasumber dari BPBA, Fazli, SKM, M. Kes dengan materi pengantar simulasi banjir Nagan Raya.

BACA JUGA :  Korban Hilang Ditemukan Dalam Keadaan Meninggal Dunia

Dilanjutkan materi persiapan simulasi banjir dan sistem komando penanganan darurat bencana dan dilanjutkan penyampaian materi oleh narasumber berikutnya dari BPBA, Ihwan Julmi tentang pengembangan skenario dan perencanaan sektor serta praktek sistem informasi dan komunikasi kebencanaan dan diakhiri penyampaian materi table top exercise oleh Fazli, SKM, M.kes.

Penutupan acara rapat persiapan, workshop dan FGD simulasi pengurangan risiko bencana di Kabupaten Nagan Raya oleh Sekretaris BPBD Kabupaten Nagan Raya, Alfiandri, SE,Ak, M.Si.

Sekretaris BPBD Nagan Raya, mengharapkan pelaksanaan simulasi banjir yang akan dilaksanakan pada Mei 2023 nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses, karena Badan Penanggulangan Bencana Aceh, telah memberikan pemahaman dan peningkatan kapasitas bagi para aparatur yang menjadi pelaksana pada simulasi nantinya. (Riski M)

Terkini Lain