TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
close menu

Masuk


Tutup x

Solidaritas Warga Abdya Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW Di Gedung Graha Lukisan Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII.

Penulis: | Editor:

Jakarta-Cyberjatim.id. Solidaritas Warga Aceh Barat Daya (SWADAYA) menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Bertempat di Gedung Graha Lukisan Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII,  minggu (26/11/23).

Dengan mengusung tema “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai Sarana Penguatan Nilai Keimanan untuk Membentuk Pribadi yang Peduli dan Ringan Berbagi”.

Ketua Pelaksana Safrizal, ST, MT juga menjabat sebagai Sekretaris Jendral Swadaya mengatakan Kami berharap, Maulid Nabi tahun 2023 ini hendaknya tidak hanya sekedar menjadi tradisi semata.

Akan tetapi menjadi kesempatan bagi kita semua untuk kembali muhasabah dan memaknai kelahiran Nabi Muhammad SAW, sebagai utusan Allah SWT yang membawa wahyu dan menjadi suri tauladan bagi umat manusia.

Maulid Nabi menjadi momentum yang sakral untuk meyakini kebenaran wahyu yang telah dibawa oleh Rasulullah SAW, dan mengikuti suri tauladan yang telah beliau ajarkan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Ahzab ayat 21:

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah”.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi aktif, mendukung dan mensupport acara ini, semua panitia yang telah mengorbankan waktu dan tenaganya, donatur secara kelembagaan maupun secara personal, ada PLSM, SWAKABA, IMABDYA, IMS DAN FPM ABDYA-JAKARTA serta pihak2 lain dari luar organisasi.

BACA JUGA :  Reaksi AHY : Hasto Nyatakan PDIP Tutup Pintu Berkoalisi dengan Koalisi Perubahan karena Dukung Anies Bacapres 2024

Doa kami sampaikan semoga Allah swt memberikan keberkahan dan balasan yg terbaik atas apa yg telah bapak/ibu berikan.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pj Bupati Aceh Barat Daya H. Darmansah, S.Pd., MM yg diwakilkan oleh Kepala Inspektur Daerah Kabupaten Aceh Barat Daya drh. Amiruddin Adi dalam kata sambutannya drh. Amiruddin Adi mengatakan bahwa:

Sungguh merupakan suatu kehormatan tersendiri bagi kami, karena pada kesempatan ini dapat bertatap muka dan bersilaturahmi dengan para sesepuh, tokoh, pengusaha, mahasiswa, abang, kakak dan adik-adik serta Saudara-Saudara kami yang tergabung dalam Paguyuban SWADAYA di Jakarta.

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu bentuk rasa kecintaan kita kepada Rasulullah SAW, dan dengan memperingati hari kelahiran beliau setiap tahunnya, mudah-mudahan dapat kita jadikan momentum untuk perbaikan ahlak dan pola hidup yang sesuai dengan ahlak dan pola hidup Rasulullah SAW.

Kami mengajak seluruh warga, yakni para sesepuh, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh pemuda, tokoh-tokoh organisasi, mahasiswa dan masyarakat Aceh Barat Daya yang berdomisili di Jakarta untuk bersama-sama dan bahu-membahu dalam mempercepat laju pembangunan di Kabupaten Aceh Barat Daya.

BACA JUGA :  Dalam Rangka Hari Lalu Lintas Ke 68, Kasat Lantas Polres Aceh Selatan Salurkan Bansos Untuk Masyarakat.

Segala bentuk pemikiran, saran dan masukan serta partisipasi langsung dari Bapak, Ibu dan Saudara-Saudara merupakan sesuatu yang sangat berharga dan positif bagi kemajuan Kabupaten Aceh Barat Daya yang kita cintai.

Dalam sambutannya Ketua Umum Swadaya H. NG. Yani Paripurna R mengatakan marilah kita sama-sama berkomitmen bangkitkan nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, dan selalu kompak dalam wadah Swadaya ini, beliau juga katakan bahwa esensi dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sesungguhnya adalah untuk meneladani setiap pikiran, ucapan dan tindakan Rasulullah.

Kemuliaan akhlaq Nabi Muhammad SAW hendaknya menjadi inspirasi bagi kita semua, untuk menjadi insan terpuji, kreatif dan inovatif dalam kehidupan sehari-hari kita dan pentingnya bersyukur kepada Allah. Allah berjanji ketika bersyukur atas nikmat-Nya maka akan ditambah nikmat itu.
Ketua Umum Swadaya tersebut juga menjelaskan bahwa Allah menghidupkan manusia untuk 3 (tiga) tujuan yaitu untuk beribadah, berbuat baik kepada sesama manusia, dan menolong agama Allah.

Selain rasa syukur kepada Allah, beliau juga menjelaskan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan terbaik dalam segala hal yang menjadi contoh bagi umat.

Sebelumnya dalam sambutan Ketua Pembina H. Zainudin Daoed mengatakan bahwa Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini pada hakekatnya merupakan wujud penghormatan yang dalam kepada Nabi Muhammad SAW. Dimana Rasulullah sebagai suri tauladan yang berakhlak mulia, akhlaqul karimah yang patut ditiru.

BACA JUGA :  Paulus Besin samara, A.Md, S. pd Calon Anggota DPRD Kabupaten Lamandau, Kalimatan

Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa peringatan  bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad yang selalu dilaksanakan setiap tahun ini merupakan sebuah upaya untuk merenungkan nilai-nilai luhur dan menghadirkan kembali keteladanan Nabi Muhammad saw dalam kehidupan sehari-hari. “Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini pula, kita terus memupuk jiwa dan rohani kita, senantiasa kita pupuk dengan ajaran Islam yang luhur dan agung. Kita tanamkan akhlak yang mulia dan kita sebarkan nilai-nilai kebaikan yang diteladankan oleh Rasulullah SAW”

Kegiatan tersebut dihadiri  Pj. Bupati Abdya, yg diwakili oleh Bapak Drh. Amiruddin Adi, inspektur Kabupaten Abdya, PP TIM, kakanda H. Banta Uma, Ketua Majlis Adat Aceh Ir. Surya Darma, Ketua TIM Cabang Pasar Minggu, TIM cabang Pondok Gede, Ketua2 OrLok, Seuramo Muhibbul, Himas Simeulue Sardi, Musara Gayo Almujani A Karim, HMSS Singkil Subulussalam Safrini Fahmi, Nagan Raya Azhari, Direktur HK ASABRI, Khaidir Abdurrahman, Ketua IKAFT jababab bang Ismail Ramli, Ketua Pembina Swadaya H. Zainuddin Daud, H. Yasin Ibrahim, H. Zainal Arifin Yurdani, Ketum Swadaya H. NG Yani Paripurna R, Ustazd Abi Irfan Rajez, beserta seluruh Ketua Paguyuban di 23 kabupaten Se Aceh.

Terkini Lain